oleh : Ayu Naningsih

Internship Advokat Konstitusi

Beredar video di media sosial seorang wanita yang mengendarai mobil mercy terciduk mencuri cokelat di alfamart. Video tersebut sontak menyita perhatian netizen karena wanita tersebut dianggap mampu dan cukup kaya untuk sekedar mencuri cokelat, banyak yang beranggapan bahwa wanita tersebut mengidap kleptomania atau disebut klepto. 

mungkin dia klepto” tulis akun @LT***

kenapa ngutil ya? Apa emang dasarnya klepto” tulis akun @he***

Dikutip dari detik.com, kuasa hukum wanita yang bernama Mariana tersebut, H Amir menjelaskan bahwa Mariana tidak sadar dan bingung mengapa cokelat tersebut tiba-tiba ada di dalam tasnya.

Kejadian ini sudah dua hari yang lalu. Nah ibu ini Ibu Mariana pergi ke Alfamart, ibu membeli sesuatu. Nah ibu tanpa sadar pemikiran banyak ada beban banyak yang harus dia pikirkan ibu tidak sadar cokelat itu ada masuk di dalam tasnya,” ujar Amir pada Senin (15/8/2022).

Lantas apa itu kleptomania?

Bersumber dari alodokter, kleptomania atau klepto adalah gangguan yang membuat penderitanya sulit menahan diri dari keinginan untuk mencuri. Penderita klepto kerap mencuri di tempat-tempat umum, tetapi ada juga yang mencuri di rumah teman-temannya. Kleptomania termasuk dalam kelompok gangguan kendali impulsif, yaitu gangguan yang menyebabkan penderitanya sulit mengendalikan emosi dan perilaku.