Nilai Islam dalam Pancasila

Dan sila terakhir Pancasila, yaitu sila kelima, “Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia”. Dalam sila kelima ini menekankan prinsip  justice and equality bagi seluruh rakyat Indonesia. Dalam ajaran islam prinsip justice and equality tercantum dalam Al-Quran surat An-Nahl ayat 90, yang terjemahan bunyinya, “Sesungguhnya Allah menyuruh (manusia) berlaku adil dan berbuat kebaikan, memberi (sedekah) kepada kaum kerabat, dan Allah melarang dari perbuatan keji, kemungkaran dan permusuhan. Dia memberi pengajaran kepadamu (manusia), agar kamu dapat mengambil pelajaran”.

Dengan demikian secara aspek filosofis maka dapat dibenarkan bahwa Pancasila memiliki kandungan nilai-nilai syariat islam berdasarkan atas kitab sucinya, yakni Al-Quran. Selain itu dibenarkan juga secara logisnya bahwa agama islam sudah lahir amat sejak lama ketimbang Indonesia dan Pancasila, maka dapat dikatakan ketika dalam perumusan sila-sila Pancasila Founding Father bangsa Indonesia memungkin meratifikasi syariat islam untuk Pancasila. 

Itulah beberapa rangkuman relevansi nilai-nilai syariat Islam dengan Pancasila, silahkan sepakat atau tidak terhadap pembahasan ini. Tetapi, ini adalah pembahasan berdasarkan dalil Al-Quran, logis, aspek filosofis, aspek historis dan fakta analisis hukum.