KPK Geledah Alat Bukti Kasus Suap Penerimaan Mahasiswa Baru

oleh : Oliviani Yanto

Internship Advokat Konstitusi

KPK gelar geledah alat bukti perkara kasus suap penerimaan mahasiswa baru yang dilakukan oleh rektor Universitas Lampung (Unila) pada Selasa, (23/8). 

“Ditemukan dan diamankan bukti-bukti antara lain sejumlah dokumen dan barang elektronik yang diduga dapat mengungkap terkait peran para tersangka,” ujar Pelaksana Tugas Juru Bicara KPK, Ali Fikri, dalam keterangannya. Lebih lanjut, Ali menjelaskan bahwa pihaknya kini sedang menganalisa berbagai bukti tersebut untuk kebutuhan pemberkasan perkara dari para tersangka.

Penggeledahan dilakukan di salah satu Gedung Fakultas Kedokteran Unila. “Hari ini (23/8) tim penyidik masih melanjutkan upaya paksa penggeledahan di salah satu Gedung Fakultas Kedokteran Unila” ujar Ali dalam pesan singkatnya. 

Hingga saat ini proses penggeledahan di Gedung Fakultas Kedokteran Unila masih berlangsung sehingga belum diketahui apa saja yang berhasil diamankan penyidik dalam penggeledahan. “Kegiatan saat ini masih berlangsung dan kami nantinya akan kembali menginformasikan hasil dari kegiatan dimaksud” jelas Ali.

Penggeledahan diatur melalui UU Nomor 8 Tahun 1981 tentang Hukum Acara Pidana atau dikenal dengan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHAP) dan terdapat aturan pelaksanaannya  yaitu Peraturan Kapolri Nomor 8 Tahun 2009 tentang Implementasi Prinsip dan Standar Hak Asasi Manusia dalam Penyelenggaraan Tugas Polri. Pasal 33 ayat (1) KUHAP menyatakan bahwa dalam melakukan penggeledahan penyidik dapat melakukan penggeledahan berdasarkan surat izin ketua pengadilan negeri setempat. Lebih lanjut, Pasal 33 ayat (2) memberi kesempatan kepada petugas kepolisian RI dalam melakukan penggeledahan jika diperlukan berdasarkan perintah tertulis dari penyidik. Penggeledahan yang dilakukan penyidik maupun kepolisian dalam kasus ini adalah penggeledahan rumah karena dilakukan di ruang tertutup yaitu di daerah Unila dimana berdasar Pasal 1 angka 17 KUHAP merupakan tindakan penyidik untuk memasuki rumah tempat tinggal dan tempat tertutup lainnya untuk melakukan tindakan pemeriksaan dan atau penyitaan dan atau penangkapan.