Dewas KPK Temukan Pungli di Rutan KPK, Nominalnya Capai Rp4 Miliar

 

        Plt. Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK, Asep Guntur juga membenarkan terkait nominal pungli dalam temuan dugaan tindak pidana korupsi di Rutan KPK sekitar Rp4 miliar.

 

         “Terkait dengan jumlahnya juga betul seperti yang disampaikan oleh Ibu Albertina Ho, dan juga oleh media yang sudah melaporkan sekitar Rp4 miliar,” jelas Asep. 

 

      Saat ini, temuan tersebut sudah diserahkan kepada Pimpinan KPK Deputi Penindakan dan Eksekusi dan Direktur Penyelidikan untuk ditindaklanjuti.

 

    “Saat ini status untuk prosesnya sedang dilaksanakan penyelidikan, jadi temuan tindak pidana korupsi berupa pungutan liar yang dilakukan oleh oknum di rutan KPK. Ini akan kita tindak sesuai dengan perbuatannya. KPK tidak akan pandang bulu untuk melakukan upaya-upaya penegakan hukum, ” tegas Asep. 

 

         Asep mengatakan akan segera mengumumkan para tersangka jika seluruh proses penyelidikan dan penyidikan telah selesai dilakukan. “Nanti rekan-rekan bisa lihat kita akan umumkan tersangkanya, nanti juga akan dikonperskan,” lanjutnya. 

 

     Ketua Dewas KPK, Tumpak Hatorangan Panggabean, mengungkapkan dalam temuan Dewas KPK tersebut, ada dua unsur pelanggaran yang dapat diselidiki lebih lanjut, yakni dugaan pelanggaran etik dan unsur tindak pidana. “Ini sudah merupakan tindak pidana, melanggar Pasal 12 huruf c, UU 31 tahun 1999 jo UU 20 tahun 2021. Selanjutnya tentunya dewan pengawas juga akan memeriksa masalah etiknya,” papar Tumpak.