MENDUDUKKAN PENGGUSURAN RUMAH WANDA HAMIDAH

Penggusuran tersebut tetap terjadi dikarenakan adanya tumpang tindih kepemilikan antara Surat Izin Penghunian (SIP) yang dimiliki Wanda sudah tidak berlaku sejak 2012 serta adanya Sertifikat Hak Guna Bangunan (HGB) yang dimiliki atas nama Japto S. Soerjosoemarno sesuai dengan alamat rumah Wanda Hamidah.

Namun Wanda mengatakan bahwa telah melakukan pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) hingga tahun 2022 serta telah memiliki surat untuk pengurusan sertifikat.

Mendudukkan Surat Izin Penghunian dan Sertifikat Hak Guna Bangunan 

Sertifikat Hak Guna Bangunan (SHGB) merupakan sertifikat yang pemegangnya berhak memiliki dan mendirikan bangunan di atas tanah yang bukan kepunyaan pemilik bangunan. Tanah tersebut dapat berupa tanah yang dikuasai langsung oleh negara, maupun tanah yang dikuasai oleh perorangan atau badan hukum. Oleh karenanya, Hak Guna Bangunan mempunyai batas waktu kepemilikan 30 tahun dan dapat diperpanjang hingga batas waktu 20 tahun.

Berdasarkan Surat Izin Penghunian (SIP) yang dimiliki Wanda Hamidah merupakan keputusan yang menyatakan izin penghunian Rumah Negara yang diterbitkan oleh Pengelola Rumah Negara.